Sabtu, 22 Juni 2013

Citizen6, Bukan Sekedar Kolom Yang Terpojok!

Sudah menjadi rahasia umum, Liputan6 yang mulai tayang sejak tahun 1994 bersama semboyannya: "Aktual, Tajam, Terpercaya" selalu tampil konsisten dalam memegang teguh kaidah-kaidah jurnalisme yang bertanggungjawab. Hal ini terbukti lewat segudang prestasi yang telah beberapa kali menyematkan Liputan6 sebagai Program Berita Televisi nasional paling populer sejak 2001 hingga sekarang.

Liputan6 yang pada mulanya tayang di salah satu stasiun televisi swasta nasional (SCTV) setiap pukul 18.00 WIB atau jam 6 sore ini, hadir sebagai setu-satunya program berita televisi dengan gaya dan karakter menonjol, sesuai dengan semboyan "Aktual, Tajam, Terpercaya", Liputan6 betul-betul tampil aktual, tajam, dan terpercaya. Alhasil, sampai saat ini, Liputan6 mendapat tempat tersendiri di hati pemirsanya.

Seiring dengan perkembangan zaman serta kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat, liputan6 merespon segala perkembangan ini dengan menghadirkan berita-berita aktual, tajam, serta terpercaya tidak hanya di waktu petang saja, Liputan6 kini memiliki jaduwal tayang: pagi, siang, sore, dan malam. Terlebih lagi, sejak tahun 2000 PT. Surya Citra Media, Tbk sebagai pemilik stasiun televisi swasta nasional (SCTV) meluncurkan portal berita online yang diberi nama: liputan6.com. Dengan demikian, kapan pun dan dimanapun, bila didukung oleh perangkat teknologi yang memadai, Liputan6.com dapat di akses secara gratis.

Liputan6.com lahir sebagai jawaban atas tantangan zaman dimana manusia dalam setiap satuan hentakan waktu semakin mobile dari waktu-kewaktu. Saat ini, perangkat komunikasi sudah sangat canggih dan fleksibel dibawah kemana saja. Lewat satu perangkat komunnikasi sederhana, seorang petani yang sedang duduk mashuk ditengah-tengah hamparan sawah yang menghijau dapat mengobrol dengan kawan lama di ibukota sembari sesekali melirik tayangan sepak bola yang sedang tayang secara live di genggaman tangannya.

Bagi para pemirsa Liputan6, yang tidak sempat on-time atau merasa ketinggalan berita penting karena waktu dan kesibukan yang terlampau padat, Ketinggalan berita bukan lagi alasan yang patut dibuat-buat. Sekarang dengan kecanggihan teknologi yang ada. Hanya dengan satu klik saja, "berita terkini liputan6.com" hadir dengan segala ragammnya; bola, bisnis, showbiz, live streaming dan segala ragam berita ada pada satu portal berita online ini (liputan6.com), bahkan ada kolom khusus yang disediakan bagi siapapun yang tidak hanya gemar mengomsumsi berita tetapi juga aktif mewartakan berita yang diberi nama citizen6. Citizen6 merupakan kolom khusus yang disediakan bagi masyrakat untuk menyampaikan ragam berita (peristiwa maupun opini).

Citizen tentu fenomena unik yang seakan-akan menterjemahkan dirinya sendiri dihadapan kecenderungan laten media massa yang ada saat ini dimana; acap kali terkesan tampil dengan berita-berita yang selalu seragam. Keunikan ini tak boleh dipandang sebelah mata.

Citizen6, walau sekedar kolom yang terpojok (sepatutnya tampil dalam laman tersendiri bersanding dengan laman lain; news, bola, bisni, dll), tapi kehadirannya membawa warna tersendiri terhadap liputan6.com. Ada kalanya pemirsa jenuh dengan berita yang itu-itu saja, meskipun berita itu merupakan "berita terbaru" dan paling up to date sekalipun (berita terkini). Dengan hadirnya citizen6 bersama topik-topik yang betul-betul beragam, yang seakan-akan membentang secara utuh cakrawala keragaman wawasan nusantara. Hanya denangan sepintas menelusuri topik-topik yang ada pada kolom ini, nusantara seolah-olah menyapa secara utuh dihadapan pemirsanya.

Hal yang sama juga acap kali saya jumpai pada portal-portal berita yang lain (tanpa perlu menyebutkan nama), ketika kolom-kolom seperti kolom "Berita Sepekan, Berita Hari Ini, dll" memuat info yang itu-itu saja dan cenderung seragam. Citizen justru tampil dengan warnanya sendiri.

Sudah saatnya masyarakat melek informasi, sudah saatnya pula masyarakat berhenti menjadi sekedar konsumen informasi yang pasif, masyarakat harus merangkai informasi demi kemaslahatan bersama, demi kemajuan bersama, dan demi kemajuan bangsa dan negara.

Citizen6 tidak boleh menjadi kolom yang terpojok, apatah lagi menjadi kolom yang sunyi tanpa penghuni.


4 komentar:

Riza Firli mengatakan...

selamat berlomba :)
hari terakhir juga nih.. ya daftar nya

Farichatuljannah mengatakan...

Hohooo betul banget harusnya citizen jurnalism harus di depan yaaa supaya gak terpojok :-)

Goodluck :-)

silahkan mampir saya juga punya cerita tentang liputan6
http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/06/rahasia-saya-adalah-klik-liputan6com.html

Rusa mengatakan...

Iya, sayang banget, padahal Citizen6 itu menbarik..

Anonim mengatakan...

setuju bro.....!
Kompor Gas

Posting Komentar

Labels